FAKTOR KEPUASAN PEMANFAATAN PELAYANAN IMUNISASI BERDASARKAN TEORI BAURAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT BAPTIS KEDIRI

Firdaos Eko Budi Cahyono, Dewi Ika Sari Hari Poernomo

Abstract


Pertumbuhan Rumah Sakit memacu peningkatan persaingan antar Rumah Sakit salah satunya dalam pelayanan imunisasi. Tujuan penelitian mengidentifikasi kepuasan orang tua (teori bauran pemasaran) terhadap pelayanan imunisasi. Desain penelitian adalah Deskriptif. Populasi yaitu orang tua bayi usia 0-12 bulan yang menggunakan pelayanan imunisasi di Rumah Sakit Baptis Kediri. Sampel sebanyak 96 responden diambil dengan Consecutive Sampling. Variabel penelitian ini adalah kepuasan masyarakat terhadap pelayanan jasa imunisasi anak di Rumah Sakit yang meliputi Product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses), dan  people (orang). Data diambil dengan kuesioner. Hasil penelitian faktor Product 79% puas, faktor Price 75% puas, faktor Place 88% puas, faktor Promotion hanya 52% puas, faktor People 80% sangat puas, dan faktor Process  78% sangat puas. Disimpulkan secara umum semua faktor pemasaran telah memenuhi kepuasan pasien.

 

 

Kata kunci : Kepuasan,  Orang tua, Bauran pemasaran, Jasa pelayanan imunisasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.