Penyerahan

 

Petunjuk Penulis

Petunjuk penulisan  hasil penelitian

 

Judul

Hendaknya menggambarkan isi pokok tulisan secara lengkap dan jelas tanpa singkatan, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Judul bahasa Indonesia terdiri dari maksimal 14 kata, dan judul bahasa Inggris terdiri maksimal 10 kata. (Antara judul Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di enter 2, judul bahasa Inggris tidak perlu di dalam kurung (font = 11 pt))

 

Nama-nama penulis

Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik dan ditempatkan dibawah judul artikel disertakan instansi tempat penulis bekerja dan mencantumkan alamat email untuk memudahkan komunikasi antara penulis dan penerbit (berada ditengah). (font = 11 pt)

 

Abstrak

Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak lebih dari dari 250 kata dengan urutan latar belakang, tujuan penelitian, metodologi, hasil penelitian, kesimpulan dan saran. Dibawah abstrak disertakan 3 – 5 kata kunci (keywords). (font = 11 pt)

 

Pendahuluan

Pendahuluan meliputi latar belakang (introduksi, justifikasi, kronologi, dan solusi). (font = 11 pt)

 

Metode Penelitian

Berisi penjelasan tentang  desain yang digunakan dalam penelitian, lokasi dan waktu penelitian, populasi, sampel dan sampling, pengumpulan data serta analisis data. Metode ditulis dengan jelas dan selengkap mungkin.

Hasil

Dikemukakan dengan jelas bila perlu dengan tabel, ilustrasi (gambar, grafik, diagram) atau foto. Tabel dibuat tanpa garis vertikal. Angka desimal ditandai dengan koma untuk bahasa Indonesia dan titik untuk bahasa Inggris. Tabel, ilustrasi atau foto diberi nomor dan diacu berurutan dengan teks, judul ditulis dengan singkat dan jelas. Pada tabel diberikan keterangan secara narasi. (Jika disajikan dalam bentuk tabel harus ada penomoran tabel, yang menjelaskan 3 W (What, Where dan When) dan berada diatas  tabel, jika hasil disajikan dalam bentuk grafik, gambar dan diagram judul dibawah dengan urutan nomor)

 

Pembahasan

Menerapkan hasil penelitian, bagaimana hasil penelitian yang dilaporkan dapat memecahkan masalah, perbedaan dan persamaan dengan penelitian terdahulu serta kemungkinan pengembangannya.

 

Kesimpulan dan saran

Diletakkan pada bagian akhir pembahasan yang tersusun masing-masing satu paragraf.

 

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka disusun  menurut sistem Vancouver dan Harvard. Pada sistem ini, nama penulis yang dirujuk dalam teks diambil dari nama akhir penulis dan diikuti dengan tahun publikasi (Contoh: Hadju, 2009).  Bila penulis lebih dari satu orang maka yang ditulis dalam teks hanya nama akhir dari penulis pertama dan diikuti dengan “dkk.” (Contoh: Sudirman dkk., 2010).

 

Contoh penulisan daftar pustaka :

  1. Nursalam, (2008). Konsep Dan Pembelajaran Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
  2. Sardiman, (2010). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
  3. Suparyanto, (2010). Konsep Lanjut Usia. http://Tenaga Kesehatan.Co.id. Diakses tanggal 27 Oktober 2010. Jam 10.50 WIB.